Kreasi Susu Formula Terbaik untuk Bayi Sembelit dari Dapur Sendiri

Tak hanya pada bayi autis atau berkebutuhan khusus yang dapat mengalami masalah sembelit, konstipasi atau gangguan pencernaan lain. Siapapun bisa mengalaminya. Sementara tak jarang Bunda menyalahkan susu yang diminum sebagai penyebab bayi sembelit, lalu secara instant mencari susu formula terbaik untuk bayi sembelit sebagai pengganti susu yang diminum sebelumnya. Dengan harapan kejadian bayi sembelit dapat teratasi dengan mengganti susu. Padahal belum tentu susu sebagai penyebab bayi sembelit.
Kali ini kelas tidak membahas ulang penyebab sembelit pada bayi autis atau anak - anak berkebutuhan khusus yang lain, silahkan Bunda baca kembali tulisan tentang gangguan fungsi pencernaan pada anak autis. Namun demikian salah satu penyebab sembelit pada bayi autis adalah karena tidak tersedianya suplai enzim pencernaan yang cukup sehingga susu tidak dapat dicerna secara optimal. Asupan enzim alami bisa diperoleh dari sayur dan buah - buahan. Ada baiknya Bunda berani mencoba membuat kreasi makanan sehat untuk anak autis dari dapur sendiri. Termasuk membuat susu formula terbaik untuk bayi sembelit.

Kelas komunitas probiotik ini memang tidak memasukkan daftar susu sebagai sumber nutrisi utama untuk anak autis, namun juga tidak melarang Bunda membuat aneka variasi menu berbasis susu formula untuk bayi autis. Tentu Bunda harus memahami terlebih dahulu gangguan pencernaan pada anak autis bila berlebihan minum susu.
Salah satu karakteristik susu bila masuk ke pencernaan maka ia akan mengalami proses penggumpalan, pengerasan. Untuk mencerna susu dinding usus membutuhkan enzim yang lebih banyak daripada makanan yang lain. Bila kadar enzim kurang maka pencernaan akan menguras cadangan enzim, dengan demikian akan mengganggu keseimbangan enzim tubuh yang lain.

Panduan Kreasi Susu Formula Terbaik untuk Bayi Sembelit

Untuk mengatasi sembelit pada bayi autis atau anak berkebutuhan khusus lainnya, ada beberapa rumus dasar yang perlu dipahami.
  1. Kurangi dosis susu formula yang diberikan, baik pada anak autis alergi susu sapi maupun yang tidak alergi.
  2. Perbanyak konsumsi larutan probiotik untuk anak autis, bisa diminumkan langsung atau dicampur pada susu. Probiotik terbaik tersebut antara lain probiotik Talami, Autiepro atau Biosiva.
  3. Perbanyak konsumsi sayuran dan buah - buahan. Paling tidak diambil sarinya, baik lewat blender atau mesin khusus juicer untuk mengambil sari buah atau sayuran saja (dapat memisahkan ampas dan sari buah/sayur secara otomatis).

Cara Mencampur Susu Formula Terbaik untuk Bayi Sembelit dengan Larutan Probiotik

  1. Aduk rata susu formula secukupnya dengan air hangat (bukan air panas). Cobalah dengan mengurangi dosis susu.
  2. Campur 1 sendok makan larutan probiotik Talami, aduk hingga rata. Mengaduk yang baik arahnya berlawanan dengan arah jarum jam. Probiotik Talami bisa Bunda ganti dengan aneka varian dari probiotik untuk anak autis Autiepro.
  3. Masukkan larutan yang sudah merata tersebut ke dalam botol minum anak.
  4. Diamkan sekitar 5 - 10 menit untuk memberi waktu bagi koloni probiotik bekerja memecah senyawa susu.
  5. Berikanlah minum susu yang aman hasil kreasi dari dapur sendiri.
Mencampur larutan probiotik untuk anak autis dapat membantu mengoptimalkan enzim pencernaan yang dibutuhkan untuk mencerna susu juga mengatasi potensi alergi gluten dan casein. Berikanlah secara rutin.

Demikian tips praktis kreasi susu formula terbaik untuk bayi sembelit dari dapur sendiri, selamat mencoba.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »